Selasa, 06 November 2012

Pesona Indah Danau Kembar Sumatera Barat




Anda gemar melakukan wisata ke danau dan berada di Sumatera Barat? Sayang sekali jika tidak menikmati panorama indah Danau Atas dan Danau Bawah yag lebih dikenal dengan nama Danau Kembar.
Di sini Anda bisa menyusuri danau dan memandang puas keelokannya. Lokasi danau ini dari Kota Padang berjarak sekitar 65 kilometer. Perjalanan menggunakan kendaraan umum yang melewati tanjakan dan tikungan. Terlebih, saat melewati Kota Padang sejauh 15 kilometer, Anda akan melintasi perbukitan, jurang yang tajam, dan hutan lebat.

Biaya transportasi menggunakan bus umum Rp 20 ribu, dengan waktu perjalanan sekitar satu setengah jam. Saat memasuki kawasan Danau Kembar, Anda akan menghirup aroma segar daun teh. Karena, di kiri dan kanan badan jalan terhampar luas kebun teh. Jalan setapak yang kecil memanjang dan berkelok di antara tanaman teh yang tumbuh rimbun, menyuguhkan pemandangan indah di perkebunan tersebut.

Saat turun dari angkutan umum di Simpang, perjalanan dilanjutkan menggunakan ojek. Biaya yang dikeluarkan sebagai ongkos ojek sebesar Rp 2.000. Sampai pintu masuk kawasan wisata danau, Anda dikenai tiket masuk Rp 1.500 untuk anak-anak dan Rp 2.000 untuk dewasa.

Danau kembar berdampingan dengan jarak sekitar 300 meter, yang terletak di pinggir jalan raya Padang-Muaralabuh-Kerinci. Danau yang dikelilingi Bukit Barisan dan berada di atas ketinggian bukit, menjadikan daerah sekitar danau memiliki suhu yang dingin.

Luas dari danau di atas berkisar 17,20 meter persegi. Panjang 6,25 kilometer dan lebar 2,75 kilometer. Danau ini cukup dangkal karena memiliki bagian terdalam 44 meter. Permukaan air danau ini berada pada ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut.

Meski dinamakan Danau di atas, letak danau ini berada di bawah danau kembarannya. Dimana permukaan air Danau Di bawah berada pada ketinggian 1.566 meter di atas permukaan laut. Danau di bawah memiliki bagian terdalam mencapai 886 meter. Luas danau 16,90 meter persegi, dengan panjang 5,62 kilometer dan lebar 3,00 kilometer.

Anda bisa melakukan wisata keliling danau. Namun, hanya danau di atas saja. Karena, danau di bawah di kelilingi perbukitan dan lokasinya berada jauh dari fasilitas wisata untuk menikmati pemandangan alam danau yang dibangun oleh pemerintah.


Rute wisata keliling Danau Di atas dapat dilakukan menggunakan kapal di dermaga yang dikelola oleh Angkutan Sungai, Danau, dan Perairan pemerintah Sumatera Barat. Tarif yang diberlakukan adalah Rp 5.000.

Berada di atas kapal, Anda bisa menikmati pemandangan bukit Barisan dan panorama alam yang membentang sepanjang danau. Keramba yang digunakan untuk budidaya ikan milik penduduk setempat juga memberikan pemandangan unik tersendiri.

Puas memandang alam dari kapal, Anda bisa menikmati pemandangan Danau Di bawah. Tak kalah indah, danau di bawah memberikan panorama menakjubkan. Setelah itu, Anda bisa bermain di lapangan kecil yang banyak ditumbuhi pohon pinus, yang berada tidak jauh dari Danau Di bawah. Ada juga arena permandian untuk menyegarkan tubuh yang lelah usai berkeliling danau.

Aneka buah-buahan khas bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Warung kecil di sekitar danau, banyak menjual buah markisa dan terung belanda. Ada juga bunga yang dijual dalam pot dengan harga berkisar antara Rp 5.000 hingga 15.000. Tersedia juga cottage untuk menginap yang dilengkapi dengan restoran

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More